Jakarta, ERANASIONAL.COM – Hari Raya Idulfitri akan segera tiba. Dengan demikian, akhir bulan Ramadan sudah di depan mata.
Menjelang akhir Ramadan 2024, terdapat doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh umat Muslim.

Berdoa di akhir Ramadan adalah salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut.

Dikutip dari laman MTS Salafiyah Kasim, dikisahkan Jabir Bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa:

“Beliau bersabda, siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.”

Adapun doa akhir Ramadhan yang dimaksud, yaitu:

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Arab Latin: Allahumma la taj’alhu akhira al-‘ahdi min siyamina iyyahu, fa in ja’altahu faj’alni marhuma wa la taj’alni mahruma.

Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata.”

7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Akhir Ramadan

Selain amalan tersebut, ada juga ibadah lain yang bisa dilakukan oleh umat Muslim pada fase terakhir Ramadan ini. Menurut buku “Kalender Ibadah Sepanjang Tahun” yang disusun oleh Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, di antaranya:

1. Salat Tarawih
Pada 10 malam terakhir Ramadan, umat Muslim disarankan untuk melaksanakan sholat Tarawih. Ibadah ini tidak hanya memiliki pahala yang besar, tetapi juga menjadi bagian penting dari ibadah selama bulan suci ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa menunaikan salat malam dibulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Salat Malam
Selain melaksanakan sholat Tarawih, umat Muslim juga disarankan untuk memperbanyak salat malam selama bulan Ramadan, terutama di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Sholat malam yang direkomendasikan mencakup sholat tahajud, sholat taubat, sholat hajat, serta sholat-sholat sunnah lainnya yang membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

وَعِبَادُ الرَّحۡمٰنِ الَّذِيۡنَ يَمۡشُوۡنَ عَلَى الۡاَرۡضِ هَوۡنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الۡجٰهِلُوۡنَ قَالُوۡا سَلٰمًا‏ ٦٣ وَالَّذِيۡنَ يَبِيۡتُوۡنَ لِرَبِّهِمۡ سُجَّدًا وَّقِيَامًا‏ ٦٤

Artinya: Dan, hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. Dan, orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. al-Furqaan [25]: 63-64).

3. Zakat Fitrah
Mengacu pada laman NU Online, dijelaskan bahwa seseorang diwajibkan membayar zakat fitrah saat bertepatan dengan dua momen penting, yakni menjelang akhir Ramadan dan pada awal bulan Syawal. Kedua waktu ini menjadi momen wajib untuk menunaikan zakat fitrah.