Tak sampai di situ, perayaan Imlek juga sering dipenuhi dengan berbagai ornamen serta simbol unik dengan berbagai mitos yang berkembang. Ketika merayakan Imlek, masyarakat Tionghoa juga meyakini jika mereka harus menghindari sejumlah hal agar tak kena sial atau keberuntungannya terhapus.
Larangan Saat Imlek

Konon, ketika salah seorang melanggar sejumlah pantangan ini saat Imlek, maka akan mendatangkan sial atau malapetaka. Yuk, simak beberapa pantangan Tahun Baru Imlek:

1. Melontarkan kata-kata negatif

Ketika perayaan imlek, harus memperhatikan kata-kata atau ucapan yang dikeluarkan. Menjadi sebuah pantangan untuk mengucapkan kata-kata negatif. Seperti putus cinta, kesialan, kematian, penyakit, hingga kemiskinan.

2. Membersihkan rumah

Membersihkan atau menyapu rumah menjadi hal yang dilarang ketika perayaan tahun baru Imlek. Pasalnya, membersihkan rumah atau membuang sampah digambarkan sebagai “menyapu kemakmuran dan keberuntungan.”

Untuk menghindari aktivitas ini, alat-alat pembersih rumah harus disembunyikan sebelum tahun baru. Bahkan, apabila pantangan ini dilanggar, dipercaya dapat menyebabkan kematian salah satu anggota keluarga.

Jangan khawatir rumah jadi kotor, sobat Medcom sudah diperbolehkan untuk membersihkan rumah sehari setelah perayaan imlek.