MAKASSAR, Eranasional.com – Heboh kasus dugaan perselingkuhan yang dilakukan oknum dokter di Makassar, menjadi perbincangan publik.

Perselingkuhan itu terbongkar oleh suami si perempuan sendiri. Dimana suaminya adalah seorang perwira Polri yang sedang melanjutkan pendidikan di PTIK.

Menurut Sosiolog, Universitas Indonesia Timur (UIT) Anshar Aminullah, apa yang dilakukan oleh sang suami ini merupakan bagian dari Fungsi Ekspresi Nilai.

Dimana kata dia, kasus ini menjadi jalan bagi dirinya secara personal untuk mengekspresikan nilai yang ada pada dirinya.

“Ini merupakan responsif bagaimana dia menegaskan sikap khusus yang secara tidak langsung menggambarkan sistem nilai yang dipegang bersangkutan khususnya pada posisinya sebagai suami yang sah atas sang istri,”ujar pria yang sedang melanjutkan pendidikan Doktornya di Universitas Indonesia (UI), Kamis, 19 Oktober 2023.

Anshar menambahkan, ditinggal lama suami lantas terjadi hubungan gelap di belakang merupakan fenomena yang kerap terjadi di dalam masyaraka.

Namun fenomena ini tidak bisa dijadikan sebagai bentuk identitas sosial bagi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh (LDR).

“Kejadian ini juga berpotensi mengarah pada kondisi “Predicament”, sebuah situasi dimana sebuah kejadian mempunyai implikasi yang tidak diharapkan khususnya pada citra yang relevan dengan pelaku, termasuk pada kasus perselingkuhan ini,”bebernya.