Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 digelar di Grand Borobudur Ballroom, el Hotel Yogyakarta Malioboro. (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, Eranasional.com – Memperingati HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus dengan menggelar upacara bendera menjadi tradisi setiap tahunnya oleh berbagai kalangan mulai dari tingkat RT/RW hingga pemerintah daerah maupun pusat. Hal ini juga tidak terkecuali bagi para pelaku pariwisata perhotelan, seperti eL Hotel Yogyakarta Malioboro juga turut menggelar upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Tepat pada Kamis (17/8/2023), upacara 17 Agustus digelar di Grand Borobudur Ballroom pukul 08.00 WIB.

Momen spesial yang biasanya digelar secara serentak dan memakai seragam masing-masing institusi, kali ini berbeda dengan eL Hotel Yogyakarta Malioboro yang memperbolehkan karyawannya mengenakan berbagai macam kostum yang diinginkan, tapi harus warna Merah Putih, seperti seragam pelajar, petugas medis, pakaian khas daerah, dan pramugari.

Bahkan, ada yang memakai kostum ala Power Ranger, Jengkelin, pegawai SPBU, dan emak-emak berdaster Merah Putih ada yang memakainya.

Karyawan el Hotel Yogyakarta Malioboro mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 dengan mengenakan kostum berwarna Merah Putih. (Foto: Ist)

Selain itu, el Hotel Yogyakarta Malioboro juga menggelar serangkaian acara perlombaan menarik antar departemen untuk memeriahkan suasana HUT RI ke-78, pada 15 Agustus 2023, seperti lomba Joget Kardus, Spongebob berlari, Estafet Bola Pingpong, Cantol Kerucut, Makan Kerupuk, dan Estafet Tepung.

Keseruan dalam perlombaan ini dibuat dengan tujuan menambah kekompakan antar karyawan, serta sebagai bentuk syukur atas Kemerdekaan RI dan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif yang mempunyai nilai perjuangan, gotong-royong, dan saling menghargai.

Yudhi Ramadina, General Manager eL Hotel Yogyakarta Malioboro menuturkan bahwa merdeka bukan hanya diartikan lepas dari penjajahan fisik, namun merdeka yang utuh juga dapat diartikan lepas dari penjajahan nonfisik.