Jakarta, ERANASIONAL.COM – Raffi Ahmad baru-baru ini dijegal isu pencucian uang dari gurita bisnisnya. Dugaan ini digaungkan oleh Hanifa Sutrisna yang merupakan Ketua Umum DPP National Corruption Watch (NCW) dalam siaran di akun TikTok @nasionalcorruption.

Belakangan, Raffi Ahmad juga menonjolkan dirinya sebagai pendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ia terlihat hadir di beberapa event kampanye.

Merespons hal tersebut, suami dari Nagita Slavina itu secara tegas membantah tuduhan melakukan pencucian uang dengan nominal sangat fantastis karena disebut NCW mencapai ratusan miliar rupiah. Selain itu, dia juga tidak berniat akan melakukan serangan balik atau melapor oknum yang menuduhnya.

“Ngga usah lapor-lapor (balik) aku niatnya ini hanya ingin klarifikasi dan tabayun,” ujarnya saat ditemui di kawasan Mampang Jakarta, Senin (5/1).

Adapun selain dikenal sebagai selebriti dan presenter kondang, Raffi Ahmad juga terjun di dunia bisnis. Raffi membangun bisnisnya tersebut bersama sang istri, Nagita Slavina.

Pasangan ini terus melebarkan sayap di bidang bisnis, mulai dari kosmetik, baju, kuliner, dan masih banyak lagi. Berikut sederet gurita bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina:

1. RANS Entertainment
RANS Entertainment merupakan media hiburan yang memfokuskan diri pada platform media sosial, agensi digital, aktivitas komunitas, event offline, serta kerja sama branding dengan berbagai kalangan.

Berdiri pada tahun 2015, Raffi-Nagita mengambil langkah besar dengan mengembangkan gurita RANS Entertainment, seperti RANS Music, PowerRANSgers, RA Pictures, RANS Animation Studio, RANS Zoo dan RANS E-Sports.

2. Kuliner
Raffi dan Nagita telah mengumumkan 4 unit usaha baru di bidang food and beverage (F&B) alias bisnis kuliner.

Sejumlah bisnis kuliner yang mereka gaet mulai dari Haraguchi Kei, restoran karage otentik asli Jepang yang gerai pertamanya ada Gandaria City Jakarta. Ikkudo Ichi yang menjual ramen dan Warung Leko, The Hive Kitchen yang dikenal dengan produk Kebab Queen, yang terakhir adalah Gunawarman Group.

Tidak hanya restoran, Raffi juga menginvestasikan uangnya ke warung makan kaki lima seperti Rojo Sambel. Raffi mengaku sangat ingin mengembangkan UMKM tanah air.

3. Properti
Portofolio bisnis Raffi Ahmad yang dijuluki Sultan Andara terus bertambah. Ia berencana ekspansi bisnis ke sektor properti. Perusahaan akan membangun sebuah apartemen, dekat dengan lokasi sang artis di sekitar kawasan Andara, Jakarta Selatan.

Raffi Ahmad mengatakan sudah saatnya para generasi milenial dan Gen Z memiliki hunian impian, yang tak hanya jadi tempat tinggal, namun juga memenuhi gaya hidup mereka.

Bisnis properti tersebut menggandeng pengembang apartemen mewah di kawasan Kemang, Asiana Group.

4. Fashion
Belum lama ini, Nagita Slavina menghadirkan brand fashion terbarunya yakni NASL By Nagita Slavina di Shopee.

NASL merupakan sebuah brand fashion lokal yang diluncurkan pada Desember 2022 oleh Nagita Slavina. NASL bertujuan untuk menjadi sebuah platform yang dapat merepresentasikan semua perempuan hebat di Indonesia dari berbagai kalangan.

5. Olahraga
Melalui RANS E-Sport, Raffi mengakuisisi tim e-sport pada beberapa platform game, seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty.

Adapun tim divisi Free Fire baru diakuisisi RANS E-Sport pada Juli 2021 lalu, dari tim Free Fire NGID Esports. Tim ini terdiri dari enam orang, yaitu Doom, Marsha, Rhama, Iky, Mervin, dan Qois.

Tak hanya e-sport, bisnis RaffiAhmad juga merambah olahraga darat, yakni sepak bola. RANS Cilegon FC merupakan klub sepak bola Indonesia yang berasal dari Cilegon, Banten. Klub sepak bola ini berdiri pada 31 Maret 2021.

Raffi Ahmad juga merambah ke klub bola basket. RANS PIK Basketball didirikan pada 2021 oleh Raffi Ahmad bersama Rudy Salim dan Dito Ariotedjo.

6. Kecantikan
Lini bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lainnya, yaitu sektor kecantikan. RANS Beauty diluncurkan pada Oktober 2021 melalui kanal YouTube RANS Entertainment.

Saat ini, lini produk kecantikannya baru body lotion dan body shower dengan tiga varian wangi. Lini produk RANS Beauty tentunya sudah lolos uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM).

7. Vape
Raffi Ahmad kembali melebarkan sayap di dunia bisnis berbeda dengan menggandeng Budiyanto selaku Founder dari Jakarta Vapor Shop (JVS). Raffi pun masuk ke industri vape tanah air dan membangun PT. idPods Kreasi Indonesia yang berkomitmen mendukung produk karya anak bangsa agar semakin berkembang dan memajukan ekonomi Indonesia.

8. Beach Club
Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga membangun bisnis di Pulau Dewata. Pasangan itu membuat beach club yang diberi nama Mari Beach Club Bali yang resmi dibuka pada Maret 2022.

Makanan dan minuman di Mari Beach Club Bali dibanderol mulai harga Rp 35 ribu.