Denpasar, ERANASIONAL.COM – Asisten rumah tangga (ART) artis Nana Mirdad menemukan bayi berjenis kelamin perempuan di semak-semak tak jauh dari rumah sang artis di Denpasar, Bali, Sabtu, 20 Januari 2024 sekitar pukul 10.00 WITA.

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi menceritakan kronologi penemuan bayi tersebut. Katanya, saat itu ART Nana Mirdad yang bernama Antika Sari hendak ke warung.

Begitu sepeda motornya melintasi semak-semak Sari mendengar suara tangis bayi dan langsung mencari tahu keberadaan bayi malang tersebut.

“Saksi (Antika Sari) saat itu mendengar tangisan bayi, kemudian dia turun dari sepeda motor, lalu mendekati suara tersebut ternyata bayi yang ada di semak,” kata Ketut Sukadi saat dikonfirmasi, Minggu, 21 Januari 2024.

Bayi yang ditemukan di semak-semak dekat rumah artis Nana Mirdad di Denpasar, Bali. (Foto: Instagram @nanamirdad_)

Saat ditemukan, bayi tersebut dalam posisi telentang, tak mengenakan sehelai pun pakaian di tubuhnya.

Dugaan sementara, bayi tersebut baru saja dilahirkan karena tali pusarnya masih ada, tetapi saat ditemukan tanpa ari-ari.

Sari kemudian memberitahukan soal penemuan itu. Dan, oleh polisi dibawa ke RS Bali Mandara untuk mendapat perawatan.

Saat ini, lanjut Sukadi, pihaknya tengah mencari pelaku yang membuang atau orang tua biologis dari bayi tersebut.

“Kami meminta keterangan dari sejumlah saksi, mengecek kos-kosan seputaran lokasi penemuan, dan mengecek rekaman CCTV di sekitar lokasi,” jelasnya.

Sukadi, perawatan bayi seberat 2.300 gram tersebut kini ditangani Dinas Sosial (Dinsos) Bali.

“Sekarang sudah dirawat, semoga kondisi bayinya cepat stabil. Kami Dinsos P3A sudah berkoordinasi dengan Dinsos kota dan Polsek Denpasar Timur,” ungkap Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Bali, Luh Ayu Aryani.

Nantinya, setelah kondisi bayi membaik akan dititipkan ke Yayasan Metta Mama dan Maggha, sambil menunggu pencarian orang tua biologis bayi oleh kepolisian.

Artis Nana Mirdad sempat membagikan foto penemuan bayi itu lewat Instagram Story akunnya, @nanamirdad_. Dalam keterangan di unggahannya, Nana menyampaikan bahwa bayi tersebut sempat mengalami hipotermia dan kulitnya mulai membiru. Bayi itu kini sedang ditangani pihak rumah sakit. (*)