Eranasional.com – Ada anggapan di masyarakat ketika udara atau cuaca sedang dingin atau sedang hujan perut kita lebih mudah lapar. Berikut penjelasan ilmiahnya.

Dilansir dari Eating Well, On Manorama, dan Guardian:

Tubuh lebih banyak menggunakan energi

Dilansir dari Eating Well, seorang pakar nutrisi yang berbasis di Toronto, Bri Bell mengatakan, alasan paling sederhana mudah lapar saat hujan atau dingin adalah tubuh menggunakan lebih banyak energi agar dapat tetap hangat di lingkungan yang lebih dingin.

“Meskipun setiap orang berbeda-beda, tapi biasanya kebanyakan orang merasa lebih lapar saat cuaca dingin,” kata Bri Bell.

Dijelaskannya, saat melakukan aktivitas makan dan mencerna makanan bisa sedikit meningkatkan suhu tubuh manusia.

“Jadi wajar jika tubuh memberi sinyal agar kita makan lebih banyak sebagai cara untuk membuat kita tetap hangat,” jelas Bri Bell.

Meski begitu, Bri Bell menuturkan, kalori yang dibakar untuk menjaga tubuh tetap hangat saat hujan atau dingin, jumlahnya tidak signifikan.

Sementara, sebuah penelitian lain mengungkapkan dampak paparan suhu dingin terhadap total pengeluaran energi tersebut, berbeda-beda bagi setiap orang. Artinya, ada orang yang mudah lapar saat hujan dan dingin, ada juga yang tidak mudah lapar.

Hormon serotonin menurun

Alasan ilmiah lainnya adalah, ketika cuaca dingin atau saat hujan, maka kadar hormon serotonin dalam tubuh manusia menurun.

Dilansir dari Guardian, kondisi ini dapat meningkatkan keinginan untuk makan karbohidrat atau perut merasa lapar.

Iseng

Sementara alasan nonilmiah adalah saat hujan aktivitas kita sangat terbatas sehingga bosan dan iseng.

Sebaliknya, saat sibuk berkegiatan, orang cenderung tidak memikirkan makanan atau rasa lapar.

Lain halnya saat hujan dan pikiran relatif longgar, maka dorongan hormon sampai psikologis hujan jadi memantik rasa lapar. (*)