LAMPUNG, Eranasional.com – Komika asal Lampung, Aulia Rakham diperiksa. Dia diperiksa buntut dari video viral dirinya yang diduga mengandung unsur penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Aulia diperiksa penyidik Polda Lampung, Jumat, 8 Desember 2023 malam. Dalam video yang beredar di media sosial, Aulia membawakan materi tersebut pada kegiatan kampanye Anies Baswedan di salah satu kafe di Bandar Lampung.

Pada saat itu, Aulia menjadi komika pembuka dalam di rangkaian acara sebelum Anies Baswedan tiba untuk melakukan diskusi bersama mahasiswa.

“Sebenarnya arti nama ‘Aulia’ itu bagus ya. Pemimpin, sahabat, orang yang dicintai. Cuma kan selama ini arti nama sepertinya. Coba lo cek ke penjara, ada beberapa nama yang namanya Muhammad di penjara. Kaya penting aja nama Muhammad sekarang yang. Udah dipenjara semua,” ucap Aulia di video yang beredar tersebut.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadila Astutik mengatakan Aulia Rakhman diamankan untuk pemeriksaan terkait video stand up komedinya yang viral.

“Sejak malam yang bersangkutan sudah kami amankan. Kami mintai keterangannya terkait video yang viral tersebut,” kata Umi Fadila, Sabtu, 9 Desember 2023.

Umi meminta semua pihak bersabar dan menahan diri, serta mempercayakan penangangan kasus ini kepada kepolisian.