JAKARTA, Eranasional.com – Christopher Stefanus Budianto alias Steven, buronan Polri kasus penipuan dengan korbannya artis Jessica Iskandar, ditangkap di Thailand. Polri langsung membawanya ke Jakarta.

Sebagai informasi, Steven telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan mobil senilai Rp9,8 miliar milik Jessica Iskandar.

“Sudah kami angkap,” kata Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Krishna Murti, Selasa (21/11/2023).

Krishna mengatakan, keberhasilan menangkap Steven berkat bantuan pihak Kepolisian dan Imigrasi Thailand.

“Begitu yang bersangkutan ditangkap, langsung diamankan. Siang hari ini diterbangkan dari Bangkok ke Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, Jessica Iskandar pernah melaporkan Steven ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan penipuan dan atau penggelapan dengan total kerugian yang dideritanya sebesar Rp9,8 miliar.

Tak hanya itu, Jessica juga menulis surat terbuka ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Instagram dengan mengunggah foto orang nomor satu di Indonesia itu.

“Ijinkan saya bercerita, saya adalah korban penipuan dari orang bernama Christoper Stefanus Budianto atau yang biasa saya panggil Steven. Setahun lalu Steven ini telah menipu saya senilai Rp9,8 milyar dengan kedok penyewaan mobil,” tulis tulis Jessica Iskandar, di akun Instagram pribadinya @inijedar.

Jessica juga mengatakan, Steven tidak pernah menghadiri undangan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari polisi dengan alasan kerja. Hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

“Tetapi apa kelanjutan dari penetapan tersangka? Tidak ada tindak lanjut dari polisi atas status Steven sebagai tersangka. Tidak dipanggil, tidak ditangkap, dan masih bebas di luar sana,” tulis Jessica lagi.

Dia merasa sudah banyak mengeluarkan tenaga, waktu, dan biaya sambil berharap bisa mendapatkan keadilan dari hukum di Indonesia.

“Harapan saya, Pak Jokowi bisa membantu korban penipuan seperti saya agar bisa mendapatkan kepastian hukum, agar pelaku penipuan bisa jera. Terima kasih Pak Jokowi @jokowi #tolong #polisi #viral,” tulis Jessica Iskandar mengakhiri surat terbukanya. (*)