JAKARTA, Eranasional.com – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan penambahan empat perjalanan untuk Kereta Cepat Whoosh di akhir pekan ini.

Langkah ini diambil setelah jumlah penumpang mencapai rekor tertinggi sebanyak 18.000 orang dalam satu hari pada Sabtu (4/11). Kereta Cepat Whoosh mulai beroperasi secara komersial sejak 17 Oktober 2023.

Penambahan perjalanan tersebut dilakukan untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat yang ingin menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh pada akhir pekan.

Mayoritas masyarakat menggunakan kereta ini untuk berlibur, diikuti oleh urusan bisnis, bekerja, dan kepentingan lainnya.

“Mulai 1 November, KCIC telah menjalankan 28 perjalanan Kereta Cepat Whoosh reguler, dan kini kami menambahkan empat perjalanan lagi untuk akhir pekan ini, sehingga totalnya menjadi 32 perjalanan. Ini merupakan jumlah perjalanan terbanyak dalam sehari sejak Kereta Cepat Whoosh dioperasikan,” ujar Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, dikutip dari Antara Minggu, 5 November 2023.

KCIC mencatat bahwa pada Sabtu kemarin, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh mencapai 18.053 orang dengan tingkat okupansi mencapai 94-100%. Angka ini meningkat sebesar 33% dibandingkan dengan Sabtu pekan sebelumnya (28/10) yang mencapai 13.490 penumpang, berkat penambahan jumlah perjalanan.

KCIC juga melaporkan bahwa sebanyak 216.000 tiket Kereta Cepat Whoosh telah terjual dan dipesan oleh masyarakat hingga tanggal keberangkatan pada Sabtu, 11 November 2023, sementara jumlah penumpang yang sudah diberangkatkan mencapai 170.000 orang.

Tiket Kereta Cepat Whoosh untuk bulan November sudah tersedia secara bertahap di berbagai platform penjualan seperti aplikasi Whoosh Kereta Cepat, Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, web ticket.kcic.co.id, serta loket dan mesin penjual tiket di stasiun.

Dwiyana juga mengingatkan penumpang untuk mematuhi jadwal keberangkatan karena Kereta Cepat Whoosh berangkat tepat waktu dan gate boarding akan ditutup lima menit sebelum keberangkatan.

Selain itu, KCIC secara berkala melakukan evaluasi terhadap layanan Kereta Cepat Whoosh, termasuk jadwal perjalanan, integrasi moda transportasi, fasilitas di area stasiun, dan layanan penumpang. Keamanan dan kenyamanan penumpang tetap menjadi prioritas utama dalam menyediakan layanan Kereta Cepat Whoosh.

“Kami akan terus melakukan evaluasi terhadap pelayanan dan operasional bersama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menghadirkan layanan Kereta Cepat Whoosh yang nyaman, aman, dan selamat,” katanya.

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mampu mencapai kecepatan hingga 350 km/jam. Kereta ini memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan melayani empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.