Ilustrasi (Foto: Ist)

LAMPUNG TIMUR, Eranasional.com – Dalam penulisan skripsi, paraphrase atau parafrase adalah menulis ulang dari refrensi yang diambil dan dipakai tanpa mengurangi subtansi makna, atau diolah kembali dengan gaya bahasa sendiri.

Sugiarti, praktisi pendidikan mengatakan penulisan skripsi dengan metode parafrase mungkin bagi mayoritas mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi merupakan hal yang paling sulit, karena menuliskan kembali kalimat kutipan dari refrensi dengan kreativitas gaya bahasa sendiri tanpa mengurangi makna di dalamnya.

“Ada dua situs parafrase untuk memudahkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir yaitu Qulilboot dan Paraphrase Tool,” kata Sugiarti saat ditemui di kediamannya di Lampung Timur, Selasa (18/7/2023).

Dijelaskannya, selain memudahkan menyelesaikan tulisan, Paraphrase Qulilboot juga bisa digunakan untuk memperbaiki grammar (tata bahasa).

“Banyak sekali situs-situs yang mempermudah dalam penulisan, sehingga tidak ada alasan lagi bagi mahasiswa tidak bisa menyelesaikan tugas akhir. Fasilitas-fasilitas di situs online sudah memberikan kemudahan untuk menyelesaikan skripsi,” kata pengajar di SDIT Bina Ilmu Sekampung, Lampung Timur ini.

“Parafrase bukan lagi menjadi momok yang menakutkan, tetapi sesuatu yang harus dikerjakan dan diselesaikan. Kalau sudah terbiasa, tidak akan sulit,” pungkasnya.