Ilustrasi. (Foto: Net)

BANDUNG, Eranasional.com – Lalat yang berterbangan di dalam rumah tentu saja sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu kenyamanan, hewan ini juga bisa memicu penyakit. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berbagai cara mengusir lalat.

Lalat juga rawan hinggap di makanan Anda, bahkan bertelur sembarangan. Hal ini bisa menyebabkan makanan Anda jadi tidak layak konsumsi lagi.

Tidak perlu dengan bahan kimiawi, lalat ternyata bisa diusir dengan bahan rumahan. Bagaimana caranya?

Berikut adalah 7 Tips cara mengusir lalat dengan berbagai bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir lalat.

1. Cengkeh

Aroma cengkeh yang cukup kuat akan membuat lalat tidak tahan untuk berada di dekatnya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan rempah-rempah satu ini untuk mengusirnya.

Caranya, cukup tusukkan sekitar 20 buah cengkeh, lalu tempatkan di area yang kerap didatangi lalat. Supaya hasilnya maksimal, Anda juga bisa menggunakannya bersama jeruk.

2. Lavender

Selain bisa mempercantik suasana rumah Anda, lavender rupanya juga cukup ampuh dalam mengusir lalat. Anda bisa menanam lavender di luar rumah atau merawatnya di dalam vas bunga.

Jika khawatir tidak bisa merawat lavender, Anda juga bisa membelinya yang sudah diolah dalam bentuk semprotan atau minyak.

3. Jeruk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jeruk juga bisa menjadi alat ampuh pengusir lalat. Dengan aromanya yang kuat, jeruk tidak hanya menyegarkan ruangan tetapi juga mengusir lalat.

Selain menggunakan pengharum ruangan wangi jeruk, Anda juga bisa menggunakan langsung kulit jeruk. Supaya aromanya tetap kuat sesekali gosoklah kulit tersebut.

4. Kemangi

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah dengan menggunakan daun kemangi. Daun yang kerap digunakan sebagai lalapan ini juga akan mengusir lalat dari dalam rumah dengan aromanya.

Anda bisa menanam kemangi di dekat jendela atau pintu masuk untuk mempermudah lalat meninggalkan rumah.

5. Minyak pinus

Cukup beberapa tetes saja, Anda bisa memanfaatkan minyak pinus sebagai pengusir lalat.

Selain dengan meneteskannya, Anda juga bisa merendam bola kapas ke dalam minyak pinus, lalu menempatkannya ke tempat-tempat yang banyak dihinggapi lalat.

6. Cabai rawit

Tidak hanya sebagai pengusir lalat, cabai rawit bahkan juga bisa digunakan untuk mengusir serangga lainnya.

Caranya, campurkan satu cangkir air dengan satu sendok teh cabai rawit. Setelah itu, tuangkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan di pintu masuk atau di mana pun Anda kerap melihat lalat.

7. Cuka dan sabun cuci piring

Campuran cuka apel dan sabun cuci piring tidak hanya mengusir tetapi juga membunuh lalat. Setelah mencampurkan cuka dan sabun cuci piring, tuangkan larutan tersebut ke dalam gelas tinggi. Tutupi gelas dengan plastik lalu beri lubang-lubang di atasnya.