Ilustrasi perawatan wajah pria. (Foto: Net)

BANDUNG, Eranasional.com – Perawatan wajah tak hanya dilakukan oleh wanita, tetapi juga pria. Tujuan melakukan perawatan bukan hanya sebatas membuat wajah menjadi glowing, tetapi juga membuatnya lebih segar dan bersih. Apalagi kulit pria biasanya mudah sekali berkeringat dan berminyak akibat banyaknya aktivitas yang dilakukan.

Ingin selalu tampil glowingdan ganteng maksimal setiap hari? Simak macam-macam tips perawatan wajah pria berikut ini!

1. Memilih Produk Perawatan Sesuai Jenis Kulit

Pria pun harus melakukan perawatan wajah untuk menjaganya tetap terlihat sehat sekaligus memaksimalkan penampilan. Sebelum memutuskan untuk membeli produknya, ketahuilah terlebih dahulu jenis kulit Anda, apakah tipe yang normal, kering, berminyak, atau sensitif. Hal ini karena setiap produk skincare biasanya diformulasikan sesuai jenis kulit, jadi sebaiknya tak sembarangan memilih.

Setelah mengetahui jenis kulit beserta permasalahannya (misalnya jerawat, kusam, dan lain-lain), selanjutnya adalah memilih produk perawatan yang tepat. Macam produk skincare yang wajib dimiliki oleh pria, antara lain pembersih muka, face wash, tonerpelembab, dan sunscreen (tabir surya).

Apabila memiliki tipe kulit cenderung berminyak, maka pilihlah produk yang mengandung asam. Sedangkan jika cenderung kering maupun sensitif, sebaiknya hindari skincare dengan kandungan alkohol, pewangi (fragrance), dan pewarna.

2. Rajin Membersihkan Wajah

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa kulit pria mampu memproduksi minyak dan keringat lebih banyak dibandingkan wanita, sehingga wajahnya rentan sekali kusam, berkomedo, serta berjerawat. Oleh karena itu guna mengatasi permasalahan tersebut, harus rajin membersihkan wajah.

Tahapan membersihkan muka bisa dimulai dengan milk cleanser atau micellar water yang fungsinya untuk membersihkan minyak serta kotoran yang menempel di pori-pori. Lakukan kebiasaan ini setiap kali selesai beraktivitas, atau saat malam hari sebelum tidur.

Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci muka dengan face wash untuk membersihkan sisa kotoran supaya lebih bersih. Mencuci muka sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni sebelum memulai aktivitas dan malam sebelum tidur.

3. Pakai Basic Skincare

Kebanyakan pria mungkin enggan memakai terlalu banyak produk untuk merawat muka, jadi setidaknya cukup memakai basic skincare saja. Basic skincare yang dimaksud, antara lain cleanser, sabun muka, toner, pelembab (moisturizer), dan tabir surya (sunscreen).

Fungsi basic skincare, yaitu untuk memperkuat skin barrier, menjaga elastisitas kulit, mengurangi risiko penuaan dini, mencegah flek hitam, menghidrasi, serta memberikan efek glowing. Penggunaan basic skincare setidaknya dilakukan 1-2 kali setiap hari, yakni saat pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.

Sebelum menggunakan basic skincare, pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih supaya produknya dapat menyerap sempurna ke pori-pori. Jangan langsung menumpuk semua produk sekaligus, tetapi biarkan setidaknya 1-2 menit sampai produk menyerap agar hasilnya maksimal.

4. Jangan Lupa Mengaplikasikan Tabir Surya

Tips perawatan wajah pria selanjutnya, yakni jangan pernah lupa memakai tabir surya terutama ketika hendak melakukan kegiatan di luar ruangan! Tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini, flek hitam, bahkan sampai kanker kulit.

Pilihlah produk tabir surya atau sunscreen sesuai jenis kulit. Aplikasikan produk setelah basic skincare secara merata ke wajah dan leher. Lakukan pula re-apply atau mengaplikasikan ulang setiap beberapa jam atau setelah terkena air. Ketika re-apply, usahakan wajah dalam keadaan bersih.

5. Cukur Rambut di Wajah Dengan Benar

Mencukur rambut di area wajah merupakan tips merawat wajah pria yang tak boleh dilewatkan. Pertumbuhan rambut seperti jambang, jenggot, dan kumis secara berlebihan dapat meningkatkan produksi minyak dan memerangkap kotoran. Sehingga hal tersebut menyebabkan kulit jadi mudah sekali berminyak dan berjerawat, apalagi jika jarang dibersihkan.

Mencukur rambut area wajah harus dilakukan dengan benar supaya tak menimbulkan iritasi kulit, jadi kulit tetap lembut sekaligus terlihat bersih. Cara melakukannya dengan benar, yaitu mencukurnya sesuai arah pertumbuhan rambut. Lakukan secara perlahan dan selalu cuci setiap gesekan agar tak melukai kulit.

Penggunaan krim cukur juga disarankan supaya lebih mudah melakukannya. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti pisau cukur apabila telah dipakai sebanyak 5-7 kali guna mencegah terjadinya iritasi kulit wajah.

6. Menggunakan Masker Wajah

Masker wajah sebenarnya bukan merupakan skincare wajib yang harus dimiliki, namun tak ada salahnya memakainya untuk memaksimalkan penampilan. Rajin memakai masker wajah 2-3 kali seminggu agar penampilan pria menjadi lebih glowing dan ganteng maksimal.

Beberapa masker wajah diformulasikan berbeda-beda sesuai jenis dan permasalahan kulit. Anda pun dapat menemukannya dengan mudah di minimarket terdekat maupun drug store dengan harga yang bermacam-macam tergantung merk.