Ilustrasi. (Foto: Net)

BANDUNG, Eranasional.com – Orangtua, khususnya yang baru pertama kali mengajak anak mereka naik pesawat, mungkin khawatir jika bayi menjadi rewel selama penerbangan. Sehingga terasa jengkel dan membuat sangat tidak nyaman.

Terkait hal itu, ada sejumlah langkah dan tips yang bisa dilakukan orangtua untuk meminimalisasi hal tersebut agar sang bayi bisa tenang dan nyaman.

Berikut beberapa tips yang bisa menenangkan bayi saat di dalam pesawat.

1. Diberi Susu

Saat akan take off atau landing, bayi bisa diberikan minum susu supaya merasa tenang dengan catatan tidak dalam kondisi kekenyangan, adapun memberikan susu saat bayi kekenyangan malah bisa membuatnya rewel. Oleh karena itu, orangtua disarankan untuk cek kondisi bayi terlebih dahulu sebelum memberikan susu

2. Pakaikan Penutup Telinga

Jangan lupa pakaikan penutup telinga kepada bayi agar gendang telinganya tidak terganggu oleh suara pesawat yang bising.  Bayi sangat sensitif akan berbagai hal, termasuk suara. Saat mereka mendengar bunyi yang bising terus-menerus, maka kemungkinan mereka akan menjadi gelisah.

3. Bawa Mainan Kesukaan

Pastikan membawa mainan kesukaan anak dan beberapa alternatif agar bisa bermain atau berkegiatan di atas pesawat. Orang tua bisa membawa mainan yang bisa membuat sang anak tenang seperti stiker, boneka, dan mainan pop-up untuk bayi, sehingga mereka bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan.

4. Tidur Sebelum Take-off dan Landing

Sebelum take-off dan landing, orang tua manyarankan agar bayi ditidurkan terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dilakukan jika memungkinkan karena terkadang menidurkan bayi bisa cukup sulit, apalagi di tempat baru.  Menidurkan bayi sebelum take-off dan landing biasanya dapat membuat mereka merasa lebih tenang, serta mengantisipasi apabila mereka rewel.

5. Sampaikan Informasi Soal Pesawat Sebelum Penerbangan

Perlu diketahui bahwa bayi lebih sensitif daripada orang dewasa. Mereka juga membutuhkan waktu adaptasi yang lebih lama, terutama untuk hal baru yang mereka alami pertama kalinya.  Dalam membantu proses adaptasi bayi, orangtua bisa membiasakan diri memberi informasi mengenai kegiatan naik pesawat seminggu sebelum hari penerbangan.

Mereka bisa menjelaskan apa yang akan dilalui saat naik pesawat melalui buku, gambar, dan video. Mengenalkan informasi seputar pesawat kepada bayi membuat mereka menyerap informasi secara perlahan soal apa yang akan mereka lalui. Hal itu akan membuat proses adaptasi menjadi lebih mudah. Mereka juga tidak akan terlalu kaget saat naik pesawat.