Ilustrasi daki di leher. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Warna kulit gelap pada leher disebabkab oleh banyak hal, berikut penjelasan seputar mengapa kulit pada leher bisa gelap dan susah untuk dihilangkan. Kotoran yang menempel pada kulit dan dibiarkan atau tidak dibersihkan sama sekali dalam jangka panjang dapat membuat kulit menjadi Hitam, atau yang biasa disebut daki.

Daki sering menumpuk pada kulit yang memiliki lipatan seperti halnya ketiak, selangkangan, bahkan juga leher. Bertambahnya usia dan adanya sengatan sinar matahari, menjadi penyebab utama warna kulit di belakang leher menjadi gelap.

Penyebab lainnya adalah diabetes, kelainan genetis, dan perilaku sehari-hari yang tidak bersih dan juga bertambahnya atau berkurangnya berat badan secara tiba-tiba.

Berikut tips dibawah ini mengenai cara cepat dan mudah menghilangkan kulit leher yang hitam.

1. Rajin Membersihkan Leher saat Mandi

Cara menghilangkan daki di leher yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah membersihkan leher setiap mandi. Menumpuknya daki pada leher sering kali terjadi karena bagian leher, terutama leher belakang, kerap luput dari perawatan.

Untuk menghindari penumpukan daki dan menjaga kulit leher tetap cerah, usahakan untuk membersihkan area leher dengan menggosoknya menggunakan tangan atau alat khusus secara menyeluruh setiap kali mandi. Sehingga, kotoran yang menumpuk bisa hilang.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Tingginya kadar insulin akibat diabetes atau obesitas juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, terutama di daerah lipatan kulit seperti leher belakang. Untuk mengatasinya, penderita disarankan melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter guna mengendalikan kadar gula darah dan diimbangi dengan menjalani gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengatur pola makan.

Perlu diketahui, menjaga berat badan ideal dapat membantu seseorang mengontrol kadar gula darah normal dalam tubuh dan mencegah terjadinya akantosis nigrikans sehingga kulit tubuh tetap terlihat cerah.

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Cara menghilangkan daki di leher berikutnya adalah melakukan eksfoliasi. Sama halnya dengan eksfoliasi wajah, cara ini juga berguna untuk mengangkat daki akibat tumpukan sel-sel kulit mati di leher yang menghitam dan membuatnya kembali cerah.

Untuk melakukannya, oleskan scrub ke leher, pijat secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik kemudian bilas dengan air hangat. Hindari melakukan eksfoliasi ketika kulit sedang terluka atau terbakar akibat matahari.

4. Segera Keringkan Leher yang Berkeringat

Saat sedang beraktivitas, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat. Terlebih jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung.

Agar tidak terjadi penumpukan daki di leher akibat keringat, usahakan untuk segera mengusap leher ketika keringat mulai muncul. Untuk itu, jangan lupa siapkan tisu atau handuk kecil kemana pun Anda hendak beraktivitas fisik.

5. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara menghilangkan daki di leher bisa juga dengan bahan-bahan alami yang kaya manfaatkan seperti Aloe Vera, Lemon, Oat dan Tomat karena bahan-bahan tersebut mengandung banyak vitamin terutama vitamin c dan antioksida.

Agar memperoleh manfaatnya secara optimal kalian bisa lakukan secara rutin minimal selama 20 menit agar hasil maksimal dan optimal.

6. Menggunakan Prosedur Medis

Cara menghilangkan daki di leher yang menghitam juga bisa dilakukan melalui prosedur medis. Dokter akan menyarankan beberapa perawatan untuk mengembalikan warna kulit dengan beberapa obat-obatan yang pastinya aman dan tidak membuat iritasi pada kulit seperti salep dan perawatan laser.