Ilustrasi Mengggoreng Sosis. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Menggoreng sosis adalah salah satu cara yang populer untuk memasaknya. Namun, kadang bikin was-was saat memasak dan sering kali orang mengalami masalah ketika menggoreng sosis, yaitu sosis meledak saat dimasak.

Meledaknya sosis dapat mengakibatkan cedera pada tubuh dan juga merusak tekstur serta penampilan sosis yang dihasilkan. Adakah tips menggoreng sosis agar tidak meledak?

Untuk menghindari masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa tips menggoreng sosis agar tidak meledak.

1. Tusuk Sosis dengan Garpu

Sebelum menggoreng sosis, tusuk sosis dengan garpu di beberapa bagian. Ini akan membantu mengeluarkan udara dari dalam sosis saat dimasak sehingga mengurangi kemungkinan meledaknya sosis. Pastikan untuk menusuk sosis dengan lembut agar tidak merusak tekstur sosis.

2. Hindari Menggunakan Minyak Panas yang Terlalu Tinggi

Salah satu penyebab sosis meledak saat digoreng adalah penggunaan minyak panas yang terlalu tinggi. Minyak yang terlalu panas dapat menyebabkan sosis meledak secara tiba-tiba.

Sebaiknya, gunakan api sedang hingga sedang-kecil dan biarkan minyak mencapai suhu yang tepat sebelum menambahkan sosis.

3. Rebus Sosis sebelum Menggoreng

Sebelum menggoreng sosis, sosis terlebih dahulu direbus dalam air mendidih selama beberapa menit.

Langkah ini akan membantu mengurangi kelembaban dalam sosis sehingga meminimalisir kemungkinan sosis meledak saat digoreng.

4. Jangan Memotong Sosis saat Digoreng

Memotong sosis saat digoreng dapat meningkatkan kemungkinan sosis meledak. Saat sosis dipotong, lemak dalam sosis akan terekspos langsung ke minyak panas.

Hal itulah yang dapat menyebabkan ledakan pada sosis, sebaiknya biarkan sosis utuh saat digoreng dan potong setelah matang.

5. Perhatikan Waktu dan Suhu Penggorengan

Jaga waktu dan suhu penggorengan sosis dengan cermat. Goreng sosis secara perlahan dengan suhu yang stabil. Memasak sosis terlalu cepat atau dengan suhu yang tidak tepat bisa membuat sosis tidak matang.

Itulah tips cara menggoreng sosis agar tidak meledak, semoga bermanfaat ya!