Ilustrasi. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Sedang merasa stres berat? Merasakan tekanan yang begitu menyesakkan? Sebelum makin terpuruk dalam perasaan tak nyaman, coba kali ini kumpulkan sedikit tenaga untuk melakukan sesuatu.

Ada sejumlah hal dan kegiatan simpel yang bisa dilakukan untuk meredakan stres. Meskipun mungkin kamu belum bisa menemukan jalan keluar terbaik dari masalahmu, tetapi setidaknya pikiranmu bisa terasa lebih jernih setelah melakukan kegiatan ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Meditasi

Sebuah artikel dalam Journal of Clinical Medicine, 2018, melaporkan bahwa gerakan meditasi tradisional, seperti tai chi, yoga, dan qigong, efektif untuk menangani berbagai masalah seperti rasa cemas, masalah tidur, dan depresi. Kalau kamu merasa stres berat atau sulit berpikir jernih, coba luangkan waktu untuk bermeditasi sejenak. Gerakan meditasi bisa dipilih untuk meredakan stres dan menenangkan diri. Dengan melatih fokus dan napas lebih teratur, stres pun mereda.

5. Mengatur Pernapasan

Kita bisa melakukan latihan pernapasan 4-7-8 untuk tenangkan pikiran. Saat tubuh rileks, denyut jantung melambat dan pikiran kita juga cenderung akan lebih longgar. Caranya bisa dimulai dengan mengembuskan udara sampai habis. Lalu, tarik napas tanpa bersuara melalui hidung hingga maksimal 4 detik, tahan napas selama 7 detik. Kemudian, embuskan napas dengan tekanan sambil mengerucutkan bibir dan bersuara “fuuuh” dalam 8 detik. **