Ilustrasi Berbisnis bersama pasangan. (Foto:Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Memiliki suatu bisnis adalah salah satu impian setiap orang yang ingin sukses dalam bidang tersebut terutama berbisnis bersama pasangan. Merintis bisnis bersama pasangan adalah hal yang paling efektive untuk mempererat suatu hubungan yang romantis.

Namun banyak yang bertanya “Apakah memiliki bisnis bersama pasangan adalah salah satu tujuan yang bisa membuaat sukses? dan apakah bekerja dengan pasangan bisa berpotensi membuat atau menghancurkan hubungan Anda?”.

Buanglah mindset negative yang membuat hancurnya suatu bisnis, namun sebaliknya berbisnis bersama pasangan bisa membuat hubungan semakin romantis dan bermakna.

Kthryn Morrow, pendiri The White Picket Fence Project dan konsultan pernikahan mengatakan kepada Forbes seperti dikutip Tren Asia pada Senin,(15/5/2023) tentang 5 langkah jitu untuk memulai bisnis bersama pasangan.

Berikut 5 langkah jitu memulai dalam merintis bisnis bersama pasangan:

1. Jadilah supporter untuk satu sama lain

Morrow menyarankan Anda untuk menunjukkan dukungan dan dorongan kepada pasangan sebagaimana Anda menginginkan pasangan mendukung Anda. “Sangat mudah untuk merasa iri dengan kesuksesan pasangan” ungkap Morrow.

Tetapi ingatlah bahwa Anda berada di tim yang sama dengan pasangan Anda. Gunakan bahasa cinta mereka untuk mendukung mereka dengan cara yang paling baik diterima seperti pelukan, surat cinta, atau kencan makan malam.

2. Tentukan peran Anda

“Jelaskan dengan jelas peran dan tanggung jawab setiap orang” kata Morrow. Anda harus memutuskan bersama tentang apa yang akan Anda lakukan masing-masing dan apa yang akan Anda delegasikan kepada orang lain.

Hal ini bertujuan untuk menghindari ekspektasi yang tidak terpenuhi yang dapat menngkat menjadi kebencian atau agresivitas pasif.

3. Tetapkan batasan Anda

Salah satu sisi buruk menjadi pebisnis adalah ketika hidup dan pekerjaan Anda tampak saling terkait. Penting untuk memiliki batasan yang jelas.

Ketahui kapan harus mengatakan tidak pada proyek atau rekan kerja yang menuntut waktu Anda.

Morrow memberi contoh “tidak ada pembicaraan di toko setelah jam 5 sore”. Memiliki ruang kantor yang terpisah dengan ruangan pribadi di rumah juga dapat membantu melepaskan diri Anda dari gangguan sehari-hari seperti piring kotor dan cucian yang belum dilipat.

4. Mengutamakan satu sama lain

Morrow berpendapat bahwa penting untuk pasangan saling memberkan perhatian secara penuh. Ia menyarankan kita untuk segera menyelesaikan pekerjaan dan memberikan perhatian sepenuhnya kepada pasangan.

5. Evaluasi waktu Anda

Hadir secara utuh di tempat kerja dan di rumah akan membutuhkan perencanaan waktu yang cermat. Morrow kerap melihat seseorang yang berusaha mejadi terlalu baik untuk kehidupan kerja dan pribadinya. Namun, tetap saja mereka kekurangan waktu.