Sandiaga Uno saat di wawancarai oleh awak Media terikait angka kunjungan wisatawan di Jakarta meningkat. (Foto:Dok. Kemenparekraf RI)

JAKARTA, Eranasional.com – Sandiaga Uno mengatakan bahwa libur lebaran 2023 kemarin telah berhasil membawa angka kunjungan wisatawan meningkat. Bahkan, banyak turis yang memilih berwisata di dalam kota sehingga menjadi tren baru belakang ini.

“Saya bisa menambahkan, saat saya ke mall khususnya yang ada Jakarta Aquarium itu penuh banget sampai 4 ribu pengunjung,” katanya dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023).

Dijelaskan lebih lanjut, rata-rata orang yang memilih liburan di dalam kota adalah turis yang memilih tidak mudik lebaran ke kampung halaman. Sehingga mereka hanya melakukan perjalanan di perkotaan, seperti Jakarta untuk dijadikan tujuan wisata.

“Kami juga melihat tren, bahwa yang tidak mudik yang di kawasan Jabodetabek melakukan reverse tourism ke Jakarta,” ujarnya.

Dia pun menangkap peluang ini untuk akhirnya melakukan kerjasama dengan PUTRI, Perhimpunan Taman Rekreasi. “Yang mana nantinya setiap ada long weekend Jakarta justru menawarkan beberapa destinasi unggulan,” tambahnya.

Sandiaga juga menambahkan, sejumlah transportasi umum di Jakarta bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk berwisata. Misalnya MRT, Commuter Line, hingga TransJakarta yang jadi daya tarik untuk berkeliling ibu kota.

“Naik MRT itu bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan lho bagi teman-teman yang mungkin di daerahnya tidak ada transportasi umum. Sudah nyaman, aman, dan punya daya tarik tersendiri. Apalagi transportasi publik tersebut dikelola dengan penuh profesional,” pungkasnya. **