Opie Kumis (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Komedian Opie Kumis diam-diam punya sebuah pesantren yang didirikan bersama kerabatnya, seorang tokoh agama yang terletak di daerah Cimande, Jawa Barat.

Pesantren yang dibangun Opie Kumis juga diperuntukan bagi anak-anak ekonomi lemah yang ingin mengejar cita-citanya. Para santri yang ingin masuk pesantren juga tidak dipungut biaya alias gratis.

“Oiya bang Opie punya pesantren Nurhidayah Cimande Barokah yatim piatu, insyaallah itu kalau diizinkan itu pesantren nggak dipungut biaya. Yatim piatu orang nggak mampu orang mau belajar Al-Qur’an di sana di pesantren Nurhidayah Cimande Barokah,” ungkap Opie Kumis di Studio Trans TV, Jalan Tendean, Jakarta Selatan, Baru-baru ini.

Pria yang sering kerap pantun di setiap penampikannya itu menceritakan, awalnya ada seorang ulama mewakafkan sebidang tanah untuk membangun villa.

“Itu sebenarnya bukan punya bang Opie diwakafin tanah sama Ustaz Hidayat sama Ustaz wahyu. Ada umat yang nyumbang sedikit sedikit akhirnya jadi pesantren Nurhidayah barokah,” kata Opie Kumis.

Namun Opie meminta tanah itu untuk didirikan pesantren agar tak menimbulkan mudarat.

“Awalnya gini bang Opie main ke rumah Ustaz Hidayat yang punya pesantren, ini misalnya mau nih saya wakafin tanah boleh lah terserah lah bang Opie mau bikin villa,” ujarnya.

“Saya bilang pak kyai kalo kita bikin Villa banyak mudaratnya karena kan saya tau pergaulan. Bagimana kita bikin pesantren darimana duitnya ya kita serahin semua sama Allah yang penting ada lahannya,” tambah Opie Kumis.

Kini santri yang terdaftar di Nurhidayah Cimande Barokah sudah sekitar 200 orang lebih. Bahkan Opie akui fasilitasnya makin bertambah seperti fasilitas ruang komputer.

“Sekarang santrinya ada 200an sekrang kita lagi kembangkan. Lagi bangun ruangan untuk komputer ruangan untuk belajar. Jadi kita kita nggak mau pesantren ajah tapi santrinya begitu keluar bisa IT komputer bisa segala macem insyaallah barokah,” pungkas Opie Kumis.