Pulau Padar, Labuan Bajo. (Foto: SHUTTERSTOCK)

Eranasional.com – Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang popular di Nusa Tenggara Timur (NTT) karena keindahan pemandangan alam dan aktivitas yang ditawarkan. Lantas, kapan waktu yang tepat jika ingin berlibur ke Labuan Bajo?

“Kalau cari cuaca mendukung di bulan Maret samai Oktober. Musim hujan biasanya Desember sampai Februari,” kata Direktur Badan Pelaksana Otoritra Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina.

Kendati demikian, kata Shana, wisatawan bisa berkunjung kapan saja, tergantung tujuan atau keinginan berlibur.

“Mau bulan apapun bagus kok ke Labuan Bajo,” kata Tour Consultant ATV Vacations Andrew Steve.

Sebagai informasi, Labuan Bajo yang berada di Flores ini memiliki kekayaan alam, seperti pulau, pantai, lut, desa wisata, hingga habitat reptil terbesar di dunia, Komodo.

Januari s/d Maret di Labuan Bajo Ada Apa?

Andrew Steve menjelaskan, jika wisatawan mengejar festival budaya di Labuan Bajo, mereka disarankan datang antara bulan Januari hingga Maret. Di bulan Maret biasanya ada Festival Komodo sebagai daya Tarik wisata.

Selain itu, kata Andrew, ada juga Festival Reba yang digelar pada awal Januari.

Festival Reba dikatakan menjadi cara mengungkapkan rasa syukur sekaligus pemulihan hubungan kepada Tuhan, alam, dan leluhur di seluruh Kabupaten Ngada.

April Mei Berburu Foto Langit Cerah Labuan Bajo

Lebih lanjut, kata Andrew, bagi wisatawan yang mencari suasana langit Labuan Bajo yang cerah, dengan pemandangan pulau hijau dan laut biru disarankan datang pada April dan Mei.

“Pada waktu-waktu tersebut, Labuan Bajo sedang indah-indahnya bagi yang hobi fotografi,” tuturnya.

Menurut dia, wisatawan yang hobi memotret bisa mengabadikan keindahan ragam pulau-pulau, seperti Pulau Padar dan Rinca dari atas bukit.

September-November Waktunya Diving dan Snorkeling

Penikmat wisata bahari seperti diving dan snorkelling yang ingin ke Labuan Bajo disarankan pada bulan September hingga November. Menurut Andrew, bulan-bulan tersebut ombak di lautan Labuan Bajo umumnya cukup landai.

“Bagi yang hobi diving atau snorkeling, bisa datang di bulan September sampai pertengahan November. Karena harusnya di bulan tersebut keadaan ombak tidak terlalu tinggi,” ungkapnya.

Juli-Agustus Musim Kawin Komodo

Sementara itu, wisatawan yang ingin berburu Komodo bisa datang pada bulan Juli dan Agustus. Sebab, hewan komodo biasanya akan memasuki musim kawin pada bulan-bulan tersebut. Namun, ada dua kemungkinan yang bisa didapatkan oleh para wisatawan.

“Hanya ada dua kemungkinan. Kalau misalnya beruntung, wisatawan bisa lihat komodo jantan lagi berantem buat mendapatkan komodo betina, tapi kalau kurang beruntung ya mereka lagi ngumpet di hutan,” ungkapnya.

Dengan demikian, sebenarnya wisatawan bisa datang pada bulan apa saja ke Labuan Bajo, tergantung tujuan utama yang ingin dicari.